Blogroll

pasang iklan

Comment

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Popular Posts

Pages

Rabu, 12 Februari 2020

3 Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk Di Laptop & Komputer

             
                Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Bagi orang awam menginstall sebuah sistem operasi baik pada laptop, komputer, notebook itu merupakan sebuah hal yang sulit. Tetapi sebenarnya hal ini sangatlah mudah. Mungkin pada laptop atau komputer anda mempunyai CD/DVD drive, hal tersebut dapat anda gunakan untuk menginstal sebuah sistem operasi, anda Cuma perlu membutuhkan CD atau DVD yang sudah terisi file ISO sistem operasi yang anda inginkan.

Tetapi bagaimana jika kita ingin menginstall sistem operasi windows 7 di sebuah notebook ? pasti anda kebingungan, karena mayoritas notebook pada saat ini tidak di sertai CD/DVD drive. Nah, maka dari itu kita dapat menginstall sistem operasi windows 7 dengan menggunakan flashdisk untuk anda para pengguna notebook atau mungkin laptop atau komputer kalan sedang mengalami kerusakan pada CD/DVD drive, jadi tidak bisa untuk menginstall ulang sistem operasi tersebut.

Untuk menginstall windows 7 menggunakan flashdisk, anda harus memilik flashdisk dan file iso windows 7 terlebih dahulu. Kemudian flashdisk yang anda unakan harus di bootable, untuk membootable flashdisk, saya disini menggunakan aplikasi Rufus karena penggunaanya yang cepat dan juga sederhana. Kapasita flashdisk yang anda butuhkan untuk menginstall sistem operasi windows 7 adalah 4 GB. Kapasitas tersebut sebenarnya tergantung pada sistem operasi apa yang ingin anda install. Simak langkah – langkahnya berikut ini.

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Sebelum proses installasi maka kamu perlu melakukan bootable pada flashdisk yang akan di isi instaler windows 7, berikut ini cara bootable windows 7 di flashdisk untuk install ulang windows 7.

1. Langkah pertama anda harus mendownload software Rufus terlebih dahulu [disini].

2. Masukan flashdisk anda dan buka aplikasi Rufus. Maka device akan secara otomatis akan
 terdeteksi seperti gambar berikut ini.
 


                                    Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk


3. Kemudian klik pada gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windows 7. Kemudian klik Open


Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk


4. Maka akan secara otomatis Rufus akan merubah file system dari FAT32 menjadi NTFS, dan anda juga dapat mengganti nama drive tersebut pada bagian New Volume Label (opsional) . Kemudian klik Start.

                               Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

5. Akan muncul sebuah notifikasi bahwa semua file yang ada pada flashdisk tersebut akan di format, maka dari itu anda harus membackup data – data penting pada flashdisk anda.

                   Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

6. Tunggu beberapa saat, karena proses tersebut akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit. Kecepatan aplikasi tergantung pada seberapa besar kapasitas SO yang anda install dan seberapa cepat kecepatan flashdisk yang anda gunakan.

                                   Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

7. Proses selsai, sekarang flashdisk anda sudah bisa di gunakan untuk menginstallsistem operasi windows 7. Kemudian klik Close.

                                  Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

8. Bootable flashdisk sudah siap sebagai media installasi windows 7. Langkah yang selanjutnya untuk menginstall windows 7 yaitu anda harus mengatur frist boot pada BIOS supaya booting pertama kali akan di lakukan dari flashdisk. Hal tersebut di lakukan agar device yang pertama kali di baca atau di detaksi pada saat booting adalah flashdisk.

Cara Setting BIOS

Untuk langkah selanjutnya maka kalian perlu masuk ke pengaturan bios, ini berfngsi untuk menjadikan flashdisk sebagai priority dalam menjalankan install ulang windows 7, maka berikut ini cara setting bios.

1. Langkah pertama, jangan cabut terlebih dahulu flashdisk yang sudah di bootable tadi. Biarkan saja terpasang pada notebook atau laptop anda.

2. Lakukan Restart pada notebook atau laptop anda, lalu tekan tombol DEL ( Delete) untuk masuk ke menu BIOS. Pada umumnya tombol yang di gunakan untuk masuk ke BIOS yaitu tombol DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung jenis laptop atau notebook anda.
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

3. Jika sudah, anda akan di bawa menuju menu BIOS, untuk mengganti frist boot pada BIOS, anda harus pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol panah pada keyboard anda (◄ ►).
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

4. Pada tab Boot tersebut menujukan bahwa device yang berada di urutan teratas adalah CD-ROOM Drive. Jadi komputer anda akan melakukan booting pertama melalui CD.

5. Untuk notebook atau laptop yang sedang melakukan booting pertama pada flashdisk, anda harus menempatkan posisi Removable Devices berada di urutan teratas. Cara menjadikan Removable Devices menjadi urutan pertama, geserlah dengan menggunakan tombol ( + ) atau ( – ) pada keyboard anda sampai urutan Removable Devices menjadi urutan pertama.
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

Selanjutnya tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil settingan dan juga untuk keluar dari menu BIOS.

Setting BIOS untuk mengatur frist boot dari flashdisk sudah selesai, selanjutnya anda bisa menginstal windows 7 seperti pada umumnya. Sebenarnya tidak hanya dapat menggunakan Rufus saja, tetapi masih ada yang lain yang bisa anda gunakan untuk bootable flashdisk anda yaitu seperti Unetbootin,WinToFlash, WiNToBootic dan masih banyak lainya.

Mungkin cukup sekian dulu sobat tentang pembahasan kita, semoga dapat membantu kalian ketika ingin install ulang windows 7, dengan mengikuti cara install windows 7 dengan flashdisk.

KUNJUNGI JUGA BLOG TERKAIT:

mtaufiktech.blogspot.com
warfaction1.blogspot.com

0 on: "3 Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk Di Laptop & Komputer"